My Blog I Can Has Happy

I Can Has Happy

Punya mobil tua memang kerap menimbulkan masalah mogok. Apalagi jika kondisi mesinnya sudah lumayan berumur, sementara suku cadangnya semakin sulit ditemukan. Namun, tidak semua mobil tua menghadapi resiko mogok.

Kenyataannya, setiap kendaraan akan beresiko mogok jika cara perawatannya kurang tepat. Oleh karena itu, berikut ini merupakan sejumlah tips yang direkomendasikan agar kendaraan Anda terhindar dari resiko mogok di tengah jalan.

Pemeriksaan Mesin Rutin

Semua jenis kendaraan harus diperiksa secara rutin khususnya bagian mesin. Biasanya, penyebab utama kemogokan kendaraan adalah performa mesin yang kurang optimal. Bahkan, ada kemungkinan buruk mengalami kerusakan parah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengecek mesin secara rutin.

Baca: https://hondaoutsidejava.co.id/info-terkini/ingin-servis-dan-bersihkan-ruang-mesin-mobil-ini-tips-dari-b

Mengecek Kondisi Bahan Bakar

Bagaimana kondisi bahan bakar mobil Anda? Apakah sering menipis dan tidak diisi dalam waktu lama? Tentu akan sangat konyol jika ternyata penyebab kendaraan Anda mogok adalah bahan bakar yang habis. Makanya itu, rajinlah mengecek kondisi bahan bakar khususnya jika hendak bepergian.

Mengecek Komponen Mesin

Ada beberapa komponen mesin yang harus diperiksa secara rutin. Perhatikan juga pada instalasi kabel apakah ada yang tampak kurang beres. Seperti yang kita ketahui ada banyak komponen mesin yang mesti diperiksa, tetapi Anda mungkin hanya perlu mengecek beberapa bagian dasar seperti radiator, instalasi kabel dan hindarkan dari karat.

Mengecek Oli dengan Rutin

Jangan biarkan oli dalam mesin Anda kering. Akibatnya bisa fatal apalagi jika umur kendaraan sudah cukup tua. Pemeriksaan oli mesti dilanjutkan pada penggantian jika warnanya sudah sangat hitam. Namun, alangkah baiknya kalau mengganti oli secara rutin dengan patokan jarak tempuh kendaraan.

Baca: Tips Simulasi Kredit Mobil Honda

Memeriksa Saringan Karburasi

Kadang, mesin kendaraan yang mogok disebabkan oleh saringan karburasi yang kotor. Supaya tidak semakin parah, Anda memang harus rajin mengecek dan membersihkannya secara rutin. Jika rutin mengecek saringan karburasi dan menggosoknya, mesin Anda akan semakin optimal performanya.

Itulah beberapa tips merawat mesin mobil supaya tidak mogok. Mulai sekarang, terapkan perawatan secara rutin dan tepat, agar performa mesin secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *