My Blog I Can Has Happy

I Can Has Happy

aki mobil

Aki kering sangat minim perawatan, namun bukan berarti Anda dapat sembarangan dalam menggunakan aki tersebut. Hal tersebut supaya usia aki lebih panjang dan Anda dapat menghemat pengeluaran ongkos perawatan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin aki kering awet, lakukanlah tips-tips berikut ini supaya aki Anda tahan lebih lama.

Panaskan Mesin

Cara merawat aki kering supaya awet adalah dengan cara memanaskan kendaraan secara berkala. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi dari kelistrikan kendaraan dan juga untuk mencapai suhu kerja mesin.

Jaga Kebersihan Terminal Aki

Perhatikanlah kebersihan dari terminal aki karena biasanya terdapat kerak akibat proses penguapan dari elektrolit baterai. Apabila kotoran yang terdapat di terminal aki dibiarkan terus, maka akan menyebabkan sistem bermasalah sehingga titik maksimal tidak dapat dicapai oleh tegangan aki.

Jangan Bebani Aki

Supaya aki kering awet, janganlah bebani aki. Aki mempunyai daya listrik maksimal yang biasanya cukup memberikan tenaga ke berbagai komponen kendaraan. Namun apabila Anda banyak menambahkan aksesoris seperti sound system, lampu baru, dan lain sebagainya dapat membebani kinerja dari aki.

Pengikat Aki Harus Kencang

Aki mempunyai braket yang bermanfaat untuk penahan dan juga menjaga agar tetap stabil walaupun kendaraan sedang melewati jalanan yang bergelombang. Apabila kondisi dari braket longgar, maka aki dapat terlepas atau berubah posisi. Oleh karena itu, pastikan semua baut braket dari aki berada dalam kondisi yang kencang supaya tidak mudah goyang saat kendaraan melaju.

Regulator dan Alternator Harus Aman

Alternator mempunyai fungsi sebagai pengubah sebagian putaran mesin menjadi energi listrik. Sedangkan regulator bermanfaat sebagai pengatur stabilitas dari arus pengisian. Apabila kedua komponen tersebut sedang bermasalah, maka terdapat pengisian yang tidak normal sehingga menyebabkan aki bekerja dengan ekstra keras dan dapat menyebabkan cepat soak.

Matikan Sistem Kelistrikan Pada Saat Kendaraan dalam Kondisi Mati

Apabila Anda sudah terbiasa dengan menyalakan lampu pada saat mesin kendaraan sedang mati, sebaiknya kurangilah kebiasaan tersebut agar aki kering awet. Kebiasaan tersebut dapat membebani sistem kelistrikan dari kendaraan. Terlebih apabila Anda menyalakan mesin. Jika kebiasaan tersebut berlangsung lama dapat menyebabkan terganggunya kestabilan dari suplai tegangan listrik dari kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *