My Blog I Can Has Happy

I Can Has Happy

surat berharga negara

Tahukah Anda salah satu cara mengembangkan kekayaan yang kita miliki itu dengan memulai investasi. Saat ini ada berbagai jenis instrumen investasi yang dapat disesuaikan dengan tujuan dari investasi itu sendiri. Misalnya, Anda tertarik untuk mendapatkan passive income secara tetap maka pilihan instrumen investasi yang dapat Anda pertimbangkan adalah Obligasi Negara Ritel. 

Obligasi adalah salah satu jenis instrumen investasi yang memuat surat berharga dengan memberikan pinjaman kepada pemerintah atau korporasi. Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dikenal dengan istilah Surat Berharga Negara. Sederhananya, investor akan memberikan pinjaman kepada pemerintah atau suatu perusahaan.  Seorang investor akan mendapatkan keuntungan yang dikenal dengan istilah kupon secara berkala. Selain itu, jika memasuki akhir periode jatuh tempo maka investor akan mendapatkan kembali uang yang telah dipinjamkan sebelumnya. Lantas apa saja keuntungan investasi obligasi? Cek di sini!

Keamanan Terjamin

Keuntungan pertama dari investasi obligasi adalah keamanan yang terjamin. Jika Anda memulai investasi obligasi, maka tidak akan ada yang namanya penipuan dalam investasi. Investasi obligasi termasuk kedalam investasi yang aman, bahkan dalam pengembalian dana investor sudah diatur oleh Undang-Undang.

Sumber Passive Income

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan jika Anda memilih investasi obligasi adalah investasi obligasi dapat dijadikan passive income. Dalam investasi obligasi, terdapat dua cara untuk memperoleh keuntungan yaitu melalui capital gain atau kupon yang diberikan secara berkala. Investor akan mendapatkan kupon secara berkala dengan jumlah nominal sesuai dengan kesepakatan. Dimana kupon ini dapat Anda jadikan sumber passive income yang menguntungkan. Umumnya besaran nilai kupon obligasi yaitu 6% hingga 12%. Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan keuntungan dari capital gain. Dimana capital gain mencangkup selisih harga beli dan harga jual pada investasi. 

Liquid Asset

Jika Anda berinvestasi obligasi pada pasar sekunder maka proses pencairan dana bersifat fleksibel. Anda dapat dengan mudah mencairkan dana kapan saja apabila sewaktu-waktu membutuhkan dana mendesak. 

Keuntungan yang Lebih Besar

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari investasi obligasi pemerintah adalah memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dari deposito. Umumnya nilai kupon yang diberikan secara berkala memiliki nilai lebih tinggi dari deposito. Selain itu pajak dari investasi obligasi juga lebih rendah dari deposito. Tentu hal ini dapat menjadi peluang dalam memperoleh keuntungan bukan? 

Jadi, itulah keuntungan investasi obligasi negara ritel selain dapat dijadikan sumber passive income. Nah, tertarik untuk investasi obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah atau dikenal dengan istilah surat berharga negara? Yuk kunjungi https://sbn.most.co.id/Portal/Prime