My Blog I Can Has Happy

I Can Has Happy

Engsel pintu adalah bagian yang sering diabaikan dalam perawatan rumah, padahal engsel pintu memiliki peran penting dalam menjaga kinerja dan keamanan pintu. Engsel pintu yang tidak dirawat dengan baik akan mudah aus, patah, atau macet, sehingga menyebabkan pintu menjadi sulit dibuka dan ditutup, bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada pintu itu sendiri. Oleh karena itu, merawat engsel pintu adalah hal yang harus dilakukan secara rutin dan benar.

Baca juga: Tips Memilih Engsel Pintu yang Tepat Sesuai Fungsinya

Namun, bagaimana cara merawat engsel pintu agar awet dan tahan lama? Simak tips merawat engsel pintu di bawah ini:

1. Bersihkan Engsel Pintu Secara Rutin

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan engsel pintu secara rutin dengan menggunakan kain lembut dan cairan pembersih yang sesuai. Anda harus menghindari penggunaan bahan-bahan yang kasar atau bersifat asam, seperti amplas atau cuka, karena dapat merusak permukaan engsel pintu. Anda juga harus menghapus debu, kotoran, atau karat yang menempel pada engsel pintu, karena dapat mengganggu gerakan dan kestabilan engsel pintu.

2. Lumasi Engsel Pintu Secara Berkala

Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah melumasi engsel pintu secara berkala dengan menggunakan minyak pelumas yang sesuai. Anda harus menghindari penggunaan minyak pelumas yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, karena dapat menyebabkan engsel pintu menjadi terlalu licin atau terlalu kaku. Anda juga harus memilih minyak pelumas yang tidak mudah mengering atau mengeras, karena dapat mengurangi efektivitas pelumasan. Anda bisa menggunakan minyak sayur, minyak jarak, atau minyak tanah sebagai alternatif minyak pelumas.

3. Sesuaikan Engsel Pintu Secara Teratur

Hal ketiga yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan engsel pintu secara teratur dengan menggunakan obeng atau kunci pas yang sesuai. Anda harus mengencangkan atau melonggarkan engsel pintu sesuai dengan kebutuhan, agar pintu dapat dibuka dan ditutup dengan mudah dan nyaman. Anda juga harus memeriksa kondisi paku, sekrup, atau baut yang menghubungkan engsel pintu dengan pintu dan bingkai pintu, dan mengganti yang rusak atau hilang.

4. Ganti Engsel Pintu yang Rusak atau Usang

Hal keempat yang harus Anda lakukan adalah mengganti engsel pintu yang rusak atau usang dengan yang baru. Anda harus mengganti engsel pintu yang sudah tidak berfungsi dengan baik, seperti yang aus, patah, macet, atau berkarat, karena dapat membahayakan keamanan dan kenyamanan Anda. Anda juga harus mengganti engsel pintu yang sudah tidak sesuai dengan model atau gaya pintu Anda, karena dapat mengurangi nilai estetika rumah Anda.

5. Pilih Engsel Pintu yang Berkualitas dan Tahan Lama

Hal kelima yang harus Anda lakukan adalah memilih engsel pintu yang berkualitas dan tahan lama saat membeli atau memasang pintu baru. Anda harus memilih engsel pintu yang terbuat dari bahan yang kuat, tahan karat, dan tahan cuaca, seperti baja tahan karat, aluminium, atau kuningan. Anda juga harus memilih engsel pintu yang memiliki ukuran, jumlah, dan cara pemasangan yang sesuai dengan ukuran, berat, dan jenis pintu Anda, agar pintu dapat bergerak dengan lancar dan stabil.

 Baca juga: Wajib Tahu! Ini Dia Kelebihan Smart Door Lock

Demikian artikel tentang Tips Merawat Engsel Pintu Agar Awet dan Tahan Lama.