My Blog I Can Has Happy

I Can Has Happy

aki mobil
aki mobil

Mobil perlu dirawat. Salah satu bagian mobil yang penting ialah aki. Jangan sampai bagian mobil yang menjadi sumber pengisian listrik pada suatu mobil tersebut bermasalah dan mengalami gangguan. Jadi perlu

Yuk Cari Tahu, Inilah Penyebab Aki Mobil Panas dan Bau!

Overcharge

Jika terjadi overcharge atau kondisi tekanan listrik yang terlalu tinggi pada bagian aki maka aki pun akan menjadi panas dan berbau dan bahkan bisa hingga meledak atau menimbulkan masalah. Oleh karenanya jika timbul bau pada aki dan aki menjadi panas maka segera cek dan perbaiki sistem kelistrikannya. Bisa mulai cek pada bagian alternatornya. Kondisi Normal sistem pengisian listrik ialah jika tegangan listriknya sekitar 12, 7 volt sampai sekitar 14 volt. Jika sampai lebih dari itu, maka sistem pengisian listriknya bermasalah dan seluruh komponennya akan menjadi panas, dan menimbulkan bau yang tercium tidak sedap.

Kotor

Kondisi aki yang kotor juga bisa menyebabkan aki menjadi panas dan berbau. Kotoran yang menempel pada badan aki juga bagian atasnya akan menghambat pelepasan suhu tinggi yang ada terutama pada saat aki sedang bekerja sehingga akan terakumulasi panasnya dan akan menjadi semakin panas kemudian hingga menimbulkan bau pula. Jika dibiarkan maka lama kelamaan aki pun akan menjadi rusak. Sehingga perlu dicermati dan dicek setiap hari kondisi aki mobil bersama cek bagian-bagian mobil yang lainnya jadi apabila ada masalah atau hal yang mencurigakan dan tidak normal, tidak biasa, maka bisa segera diambil tindakan.

Solusinya ialah matikan mesin dan tunggu sampai aki mendingin, kemudian ambil atau copot aki dan bersihkan hingga tuntas kotoran-kotoran yang ada, lalu pasang dan kembali dan coba hidupkan mesin lagi. Air aki yang kotor juga bisa menimbulkan konslet. Sehingga perlu dikuras dan bersihkan kerak-kerak yang menempel, lalu ganti air aki dengan yang baru lalu charge ulang hingga bisa berfungsi dengan normal kembali.

Aki yang Rusak

Kemungkinan lainnya ialah bisa saja memang akinya sudah rusak dan perlu diganti. Cek secara rutin kondisi aki dan berbagai komponen mobil yang lainnya secara berkala.