My Blog I Can Has Happy

I Can Has Happy

Mengelola keuangan penting sekali demi kelancaran dalam berbisnis. Keuangan tersebut mestilah dipegang oleh orang yang mempunyai keahlian terutama dalam memanajemen uang. Anda yang baru memulai toko modern mungkin masih bingung caranya mengelola keuangan tersebut. Berikut tips jitu mengelola arus kas untuk toko modern yang patut dicoba.

Tips Atur Kas Bisnis Ritel

Berikut ini ada opsi-opsi pengelolaan uang kas yang cocok diterapkan untuk toko modern. Catatan yang terstruktur tentu akan memudahkan jalannya bisnis.

Catat Tiap Pengeluaran

Pertama-tama, Anda wajib mencatatkan setiap pengeluaran yang dilakukan secara lengkap nan mendetail. Caranya yakni melacak dari transaksi yang telah dilakukan lewat struk, kwitansi. Dari sini akan terlihat ke mana uang tersebut telah dipergunakan dan menghitung selisih harga.

Kumpulkan Piutang

Pengusaha wajib mengumpulkan piutang, jangan sampai terlewat karena bisa membengkak. Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi tertentu untuk memberikan reminder pelunasan piutang.

Catat Pemasukan

Selain mencatat pengeluarannya, Anda juga harus catat setiap pemasukan. Anda akan menghitung tiap pemasukan dan menghitung juga potongan untuk kewajiban yang mesti dibayarkan. Dari sini dapat terlihat berapa keuntungan yang Anda peroleh.

Pisahkan Uang Bisnis dan Pribadi

Permasalahan yang umum terjadi adalah tak memisahkan antara uang bisnis dengan pribadi. Hal ini sebenarnya lebih baik dihindari oleh pebisnis. Karena jika tercampurkan keuangan tersebut akan mengacaukan catatan keuangan bahkan bisa menyebabkan kerugian besar. Demi mencegah terjadinya kerugian, Anda perlu memisahkan akun bank khusus bisnis dan pribadi.

Baca : Inilah Cara Menarik Pelanggan agar Bisnis Semakin Berkembang, Apa Saja?

Awasi Arus Kas

Meski pun sudah ada orang yang ditunjuk untuk mengelolanya, seorang pebisnis tetap harus ikut mengawasinya. Ini karena ada saja kemungkinan terjadinya salah perhitungan yang berkaitan dengan keluar-masuknya uang bisnis. Mengawasi arus kas ini terbilang sulit, dibutuhkan ketelitian. Bila Anda tak ingin kesulitan dan repot dapat mencoba aplikasi akuntansi pilihan untuk memudahkan pekerjaan.

Meningkatkan Penjualan

Terakhir, Anda bisa berupaya dalam meningkatkan penjualan. Salah satu cara yang dapat coba terapkan adalah dengan teknik bundling maupun pemberian diskon tertentu. Pastikan pembayaran dengan cara tunai agar perputaran dana tak macet.

Nah, demikian tips jitu mengelola arus kas untuk usaha bisnis ritel. Kini Anda tak perlu khawatir dengan pengelolaan arus kas. Selamat mencoba.