My Blog I Can Has Happy

I Can Has Happy

Follow up customer adalah kegiatan menghubungi kembali calon pelanggan atau customer setelah suatu transaksi atau interaksi pertama yang telah terjadi. Tujuan dari follow up customer adalah untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, memberikan layanan yang baik, memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, Anda dapat memastikan kepuasan pelanggan, memberikan informasi tambahan, mempromosikan produk atau layanan lain. Follow up juga merupakan salah satu cara menghadapi persaingan usaha dan membangun loyalitas pelanggan.

Follow up customer sangat penting untuk bisnis Anda, karena dapat meningkatkan penjualan, retensi, dan referensi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa follow up customer penting:

  • Follow up customer dapat meningkatkan penjualan, karena Anda dapat menawarkan produk atau layanan tambahan yang sesuai dengan kebutuhan atau minat pelanggan. Anda juga dapat mengingatkan pelanggan tentang produk atau layanan yang belum dibeli, atau memberikan diskon atau bonus untuk mendorong pembelian.
  • Follow up customer dapat meningkatkan retensi, karena Anda dapat menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan dan membuat mereka merasa dihargai. Anda juga dapat mendapatkan feedback dari pelanggan tentang produk atau layanan Anda, dan melakukan perbaikan jika ada keluhan atau masalah. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
  • Follow up customer dapat meningkatkan referensi, karena Anda dapat meminta pelanggan untuk merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada orang lain. Anda juga dapat memberikan insentif atau apresiasi kepada pelanggan yang memberikan referensi, seperti voucher, hadiah, atau pujian. Dengan demikian, Anda dapat memperluas jangkauan dan pasar Anda.

Untuk cara follow up customer yang efektif, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Waktu. Anda perlu menentukan waktu yang tepat untuk melakukan follow up customer, sesuai dengan jenis produk atau layanan, siklus pembelian, dan preferensi pelanggan. Anda tidak boleh terlalu sering atau terlalu jarang menghubungi pelanggan, karena dapat membuat mereka merasa terganggu atau dilupakan.
  • Media. Anda perlu memilih media yang tepat untuk melakukan follow up customer, sesuai dengan karakteristik produk atau layanan, tujuan follow up, dan ketersediaan pelanggan. Anda dapat menggunakan berbagai media, seperti telepon, email, SMS, WhatsApp, sosial media, atau surat. Anda juga perlu menyesuaikan gaya bahasa dan nada suara Anda dengan media yang digunakan.
  • Pesan. Anda perlu menyampaikan pesan yang jelas, singkat, dan menarik untuk melakukan follow up customer. Anda tidak boleh menggunakan kalimat yang terlalu memaksa, mengancam, menyalahkan, atau memojokkan pelanggan. Anda perlu menggunakan kalimat yang sopan, ramah, dan menguntungkan pelanggan. Anda juga perlu menggunakan kalimat tanya untuk memancing respons dari pelanggan.

Demikian artikel singkat yang saya buat tentang pentingnya follow up customer. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.